Sunday, September 8, 2019

Begini Agar Silatuhrami Keluarga Besar Tidak Terputus..



Sehubungan pada hari Minggu, 8 September 2019, tepatnya pukul 07.00 WIB ada undangan arisan keluarga. Yang mana pertemuan keluarga selalu diadakan setiap 3 (tiga) bulan sekali. Dan bertepatan hari ini jatuh di keluarga yang rumahnya di Daerah Karangbong Sidoarjo, dan undangannya tertulis tepat pukul 07.00 WIB. 

Karena dimulai pagi hari maka kita pikir-pikir kalo berangkat saat hari Minggu pagi pasti terasa capek sekali. Dan juga belum menentukan jam berangkatnya habis subuh...waduhhh terasa berat hehehe... Pertimbangan jika naik motor pasti membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam. Maka kami putuskan berangkat dari Mojokerto pada hari Sabtu sore hari, pukul 15.05 WIB dengan mengendarai kereta ekonomi Jenggala. Rute yang dilalui oleh kereta ekonomi Jenggala adalah dari Mojokerto - Tarik - Tulangan dan terakhir berhenti di Sidoarjo, dengan tiket sebesar Rp. 4.000,- Harga ekonomis fasilitas eksekutif.

Kembali ke arisan keluarga, awal mula kenapa diadakan pertemuan seperti ini ?

Saat lebaran idul fitri th 2016 bahwa dari beberapa keluarga ada yang datang silatuhrami ke keluarga yang dituakan, tetapi ada dari beberapa keluarga yang tidak datang ? Istilah bahasa jawanya "ora arep dulur " dan kejadian tersebut berulang dan terus berulang.

Maka muncullah ide, bagaimana caranya agar keluarga, anak, cucu dan cicit bisa mengetahui kalo kita adalah masih keluarga. Maka dari ide tersebut kita data siapa saya yang termasuk keluarga kita dalam hal ini masih keturunan dalam sebutan bani (masih ada hubungan keluarga dengan mbah buyut kita)

Setelah terkumpul dari beberapa orang kemudian kita undang untuk silatuhrami dan saat pertemuan menyampaikan tujuan kita mengumpulkan tak lain adalah bahwa kita disini masih dalam satu kesatuan keluarga dan masih ada hubungan keluarga dari mbah buyut kita (bani). Dijelaskan juga asal muasal urutan keluarga dari yang tertua sampai ke anak cucu dan cicit (jika di perusahaan disebut struktur organisasi). 


Dari penjelasan sesepuh keluarga maka satu sama lain baru tau dan menyadari bahwa kita masih saudara. Maka awal mula pertemuan tersebut dijadikan pertemuan perdana arisan keluarga. 

Apa sih manfaatnya diadakan arisan keluarga, antara lain :
1. Jika ada salah satu keluarga yang sakit / lagi membutuhkan bisa saling mengetahui kabarnya sehingga bisa saling membantu
2. Ada informasi apapun terkait sekolah/lowongan pekerjaan bisa saling memberi informasi
3. Bisa saling mengenal satu sama lain, sehingga tali persaudaraan tetap terjalin sampai cucu/cicit
4. Membacakan doa bersama (tahlil) yang mendoakan keluarga yang sudah meninggal 

Maka diputuskan bahwa pembayaran arisan keluarga sebesar Rp. 100.000, untuk satu kepala keluarga. Dari hasil uang tersebut diharapkan yang kedapatan hajat bisa digunakan untuk meringankan untuk membelikan kue atau makanan. Dari pertemuan keluarga tidak mengharapkan kue/makanan asal bisa berkumpul dan bertemua. 

Setelah arisan berjalan dua kali, maka agar setiap pertemuan timbul rasa kebersamaan tanpa membandingkan keluarga kaya atau miskin maka menyeragamkan kerudung yaitu menggunakan kerudung warna kuning sementara bajunya dari masing-masing, asalkan warnanya hitam.

Arisan keluarga kali ini sangat meriah sekali, karena yang punya hajat sekalian syukuran mau berangkat umrah. Maka banyaknya konsumsi yang disiapkan. Ada camilan/prasmanan buat makan siang/oleh-oleh saat pulang (orang jawa bilang buah tangan).


Begitu besarnya rasa kekeluargaan nampak satu sama lain saling membantu tanpa disuruh otomatis membantu, terlihat di pagi itu ada yang membantu packing kue dan memasukkan nasi, menyiapkan prasmanan untuk makan siang dll.

Dan juga arisan keluarga ini adanya nomer undian door price, setiap peserta yang sudah membayar  arisan maka diberikan nomer undian. Undian disini bukan merupakan keharusan jika bertepatan arisan, ini adalah inisiatif dari yang punya hajat. 

Acaranya berjalan lancar, tak lupa sebelum pulang kita foto bersama. Semoga yang bertepatan tempat hari ini diberikan rejeki yang berlimpah, lancar saat umrah, Aamiin Aamiin ...

Demikian suasana arisan keluarga yang bisa memberikan silatuhrami tidak terputus sampai cucu atau cicit. Semoga bermanfaat informasi ini, dan bisa menambah tali persaudaraan keluarga kita semua.

No comments:

Post a Comment

Tips Membuat Sate Telur Gulung Yang Mudah, Gurih, Enak dan Pastinya Berhasil Di Gulung

Hai sobatku semua.... Pastinya mengetahui apa itu makanan camilan yang satu ini yaitu sate telur gulung. Biasanya sate telur gulung banya...