Wednesday, October 23, 2019

Begitu Besar Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Kita




Kali ini hari Rabu, 23 Oktober 2019, saya akan mengenalkan tanaman rumah sendiri yaitu daun kelor. Awal dari menanam pohon kelor ini yaitu karena setelah membawa dari beberapa literatur sangat banyak manfaatnya buat kesehatan. 

Daun kelor juga disebut moringa ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi.  Dari beberapa manfaat tersebut tenyata terdapat kandungan nutrisi daun kelor pun ternyata tak kalah baiknya. 

Bahkan dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun kelor ini bisa memberikan beberapa manfaat baik sebagai mitos atau pengobatan tradisional maupun bermanfaat bagi kesehatan yaitu antara lain :

1. Sebagai pengobatan tradisional atau orang jawa bilang 'mitos"

Daun kelor menurut informasi dari beberapa orang bisa bermanfaat untuk melepas pengaruh-pengaruh jahat yang telah merasuk/di tanam ke dalam tubuh seseorang. Maksudnya disini terkadang seseorang menginginkan memiliki ketahanan terhadap benda yang tajam seperti pedang atau samurai, dll, maka orang tersebut melakukan ritualnya. Nah, informasinya dengan menggunakan daun kelor tersebut bisa dihilangkan dari tubuh seseorang. Daun kelor tersebut bisa dimakan maupun hanya ditempel di tubuh orang tersebut. Tapi ini saya sihhhh....belum pernah mempraktekkan ya...hehehe...

2. Sebagai pengobatan kesehatan

Setelah dilakukan penelitian dari berbagai seumber ternyata daun kelor bermanfaat sebagai berikut :
1. Anti oksidan yang tinggi
2. Sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh
3. Membantu menurunkan kada gula darah
4. Membantu meredakan peradangan
5. Menurunkan kolesterol
6. Membantu mengatasi kanker
7. Mencegah anemia 
8. Baik untuk wanita menopause

Nah dengan mengetahui semakin banyaknya manfaat bagi kesehatan, maka dalam hati  bagaimana kalo menanam sendiri di halaman rumah. Selanjutnya tanya dari beberapa tetangga kira-kira ada punya tanaman pohon kelor. Ehhhh....ternyata ada yang memiliki pohonnya. Selanjutnya kami minta ranting yang agak besar, kemudian ranting tersebut di potong-potong kira-kira 50 cm kemudian  ranting pohon kelor tersebut ditancapkan ke tanah. 

Dengan menyiram yang teratur dan rutin, akhirnya sekitar tiga (3) bulan  tanaman tersebut bersemi daun demi daun dan semakin banyak.

Demikianlah begitu besar manfaat daun kelor bagi kesehatan kita, Ayooo...menanam pohon kelor di rumah masing-masing. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat kita semua...



No comments:

Post a Comment

Tips Membuat Sate Telur Gulung Yang Mudah, Gurih, Enak dan Pastinya Berhasil Di Gulung

Hai sobatku semua.... Pastinya mengetahui apa itu makanan camilan yang satu ini yaitu sate telur gulung. Biasanya sate telur gulung banya...