Monday, November 11, 2019

Bagaimana Teknik Mendapatkan Kesuksesan, Mau Tau!


Hari Minggu, pada tanggal 2 Nopember 2019 kami wali murid diundang oleh sekolah anak kami. Undangan tertulis mulai pukul 08.00 WIB kebetulan malam hari anak didik  khusus kelas anak 6 sudah menginap di sekolah yang bertujuan agar anak didik bisa memiliki anak yang mandiri dan pemantapan pribadi masing-masing anak. Yang mana kelas 6 telah disiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional.  Anak kami sekolah di SDI Al Akbar Mojokerto, kebetulan yang diundang saat itu adalah khusus anak kelas 6.

Untuk lokasi selama kegiatan telah disiapkan di masjid sekolah. Waahhh ....begitu sampai di musholla terlihat bagusnya tempat sholat, karena musholla tersebut tertata dengan baik dan bersih. Tempat musholla dibuatkan seperti gazebo yang ukurannya besar,  disetiap kanan kiri bangunan terbuat dari kayu,  tak lupa juga lantainya diberi motif kayu,  yang makin memberikan suasana alami. Sekeliling musholla banyak beberapa tanaman perindang dan pohon buah kelengkeng yang semakin menambah keasrian suasana terasa segar,  hijau dan sejuuuuuk sekali.

Di undangan tersebut tertulis "Seminar motivasi untuk menghadapi UNBK 2019". UNBK adalah Ujian Negara Berbasis Komputer. Dalam pertemuan tersebut diharapkan anak dan orang tuanya wajib hadir dalam seminar tersebut. Karena  diharapkab seminar ini saling terhubung antara orang tua dan anaknya. Jadi seminar ini antara orang tua dan anak yang sama-sama memahami. Saat itu pembawa acara adalah Kak Oktastika Badai Nirmala.

Saat memberikan seminar saya tergelitik dengan apa yang disampaikan oleh Kak Okta yaitu : " Aku adalah apa yang aku pikirkan".

Nahhhh.....kalo kita baca dengan pelan-pelan dan kita resapi memang ada benarnya. Coba dulu kita bayangkan saat masih kecil, maka saat itu setiap anak pasti dalam pemikirannya sendiri akan terbayangkan apakah saya besuk mau jadi apa ? Nah... dari pemikiran tersebut secara tidak langsung diri seseorang telah menginginkan untuk menuju tujuan yang kita harapkan.


Nah dari apa yang kita pikirkan dan harapkan maka bagaimana caranya agar bisa mewujubkan dengan baik atau  sukses yaitu antara lain :

1. Mendekatkan diri pada Allah

Maksudnya disini yaitu harus menjalankan perintah Allah dan menjauhi apa yang dilarang. 


2. Punya tujuan yg jelas

Disini seseorang yang memiliki cita2, maka ada impian dan harapan yang di inginkan.
Seperti contoh : jika kita menginginkan sebuah mobil fortuner,  maka untuk mendapatkan mobil tersebut harus memiliki uang yang cukup, dalam artian membutuhkan uang besar,  maka untuk mendapatkan uang yang besar kita harus bekerja ditempat yang terbaik,  agar bisa bekerja dibtempat yang baik harus memiliki ilmu yaitu dengan sekolah S1/S2, agar bisa menjadi mahasiswa yang terbaik harus belajar.... Dan selanjutnya di runut sampai kebelakang-belakang.. Maka sampailah ke sekolah dasar harus semangat untuk belajar.

Ini ada hal bagus lagi yaitu dalam menyampaikan ke anak sebaiknya dengan jelas.  Misalnya jika orang tua menginginkan anaknya pintar,  ujian sekolah dapat nilai bagus,  maka penyampaiannya menjadi "Nak kamu pasti mendapatkan nilai 100". Karena apa?  Anak akan lebih mudah menangap angka yang jelas daripada menyampaikan nilai bagus.


3. Peka terhadap lingkungan.

Maksudnya disini yaitu seperti penemu bisnis minuman putih.  Yang berawal pemikiran bahwa setiap orang membutuh air minum,  yang bisa didapatkan dimanapun,  tanpa harus membawa "ceret" orang jawa bilang tempat air hehehe...
Nah....dari pemikiran yang peka dengan lingkungan tersebut,  maka muncullah usaha atau bisnis aqua,  hingga sampai sekarang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. 

4. Berwawasan luas

Maksudnya disini diharapkan selalu menambah wawasan apapun. Jadi segala informasi setidaknya tidak ketinggal zaman.

Demikian sekilas rangkuman apa yang telah disampaikan oleh Kak Okta,  terkait motivasi dalam menghadapi UNBK 2020 dengan sukses dan lulus dengan nilai 100.

Semoga seminar ini bisa memberikan informasi bagi seluruh orang tua buat anak-anak tercinta.  Salam bahagia

No comments:

Post a Comment

Tips Membuat Sate Telur Gulung Yang Mudah, Gurih, Enak dan Pastinya Berhasil Di Gulung

Hai sobatku semua.... Pastinya mengetahui apa itu makanan camilan yang satu ini yaitu sate telur gulung. Biasanya sate telur gulung banya...