Wednesday, December 25, 2019

Kuliner Sate Kambing dan Sate Ayam di Mojokerto Yang Empuk, Enak dan Makyuss



Omong-omong bagi yang ingin kuliner di Mojokerto, berikut ada satu referensi lagi bagi Bapak/Mas/Mbak/Mas yang suka makan sate kambing dan sate ayam yang rasa dan kualitas nendang habis. 

Tempat dan lokasinya mudah ditemukan. Di sini bukan penjual yang biasanya mangkal di pinggir jalan yang orang pada umumnya pedagang makanan yang membuka tenda dipinggir jalan, tetapi penjual sate ini sudah memiliki tempat tersendiri. Kalo orang "ndeso" menyebutkan "depot" dan jika di kota sebutan tersebut seperti makan di ruang makan. 

Di mana tempat dan lokasinya? ini merupakan sate legendaris, kenapa disebut legendaris ? Menurut orang-orang yang asli dari Mojokerto sate tangunan merupakan depot yang menjual sate uda dari mbah-mbahnya dulu sudah buka, ya.....perkiraan 50 tahun yang lalu dari sekarang lhoo bahkan lebih karena pastinya saya juga dapat infor seperti itu. 


Nama depotnya bernama "Sate Gule Tangunan" orang  alamatnya berada di dlanggu. Sate tangunan ini membuka cabang lagi di daerah Jl. Raya Sambiroto Desa Mlaten Kec. Puri Mojokerto. No telp. 081331091360 atau (0321) 511218.

Lokasinya ada di pinggir jalan raya besar, disitu terdapat plakatnya, dan tertulis "Depot Sate Gule Tangunaan " sehingga memudahkan bagi siapa saja yang mencari pasti ketemu. Disini pengunjung bisa langsung masuk ke lokasi depot tersebut, karena sudah disiapkan tempat parkir yang luas sekali. Apalagi parkir tersebut tanpa bayar alias gratis tis tis......

Kebetulan saat itu saya makan dengan keluarga  di depot sate tangunan di daerah puri. Disitu telah disiapkan tempat duduk yang tertata dengan rapi dan bersih. Meja dan tempat duduknya terbuat dari kayu sehingga nampak keasriaannya, di lokasi tersebut juga disediakan wastafel, camilan-camilan ringan diatas meja dan tisu. 


Ketika kami duduk, pelayan mendekati dan menawarkan makanan apa yang akan dipesan. 

Berikut harga sate yang dijual di sate tangunan mojokerto antara lain:
1. Sate kambing 1 porsi (10 tusuk) harga Rp. 50.000,-
2. Sate ayam 1 porsi (10 tusuk) harga Rp. 35.000,-
3. Gule kambing 1 porsi/mangkok harga Rp. 40.000,-

Perbedaan sate tangunan di Mojokerto dengan sate yang lainnya yaitu antara lain:

a. Potongan ukuran daging kambing/ayam lebih besar 
b. Dagingnya bertestur empuk. Jika di gigit rasa empuk-nya pas, dalam arti tidak terlalu empuk sekali dan tidak keras. 
c. Rasanya bumbu yang nempel di daging juga enaaakkk sekali
d. Rasa bumbu kacangnya mantaps. Pas antara rasa kacang dan bumbunya.


Di lihat dari beberapa perbedaan tersebut maka, tak afdol jika Bapak/Ibu/Mbak/Kakak belum makan di sini.

Demikianlah sharing dari saya, semoga Bapak/Ibu/Mbak/Mas ndak perlu repot-repot atau kesulitan jika kuliner makan sate kambing atau ayam. Dan juga di sini bisa melayani pesanan nasi kotak untuk hajatan maupun aqiqah.

Semoga informasi kuliner khas "Sate Kambing atau Sate Ayam di Mojokerto" bisa memberikan manfaat bagi semua. Selamat menikmati bersama keluarga tercinta.

No comments:

Post a Comment

Tips Membuat Sate Telur Gulung Yang Mudah, Gurih, Enak dan Pastinya Berhasil Di Gulung

Hai sobatku semua.... Pastinya mengetahui apa itu makanan camilan yang satu ini yaitu sate telur gulung. Biasanya sate telur gulung banya...